Berita

BNNK Lhokseumawe = Sosialisasi P4GN di Gampong Jambo Timu Lhokseumawe

BNN Kota Lhokseumawe bekerjasama dengan Balai Penyuluh KB Kecamatan Blang Mangat melaksanakan Kegiatan Sosialisasi P4GN kepada Kader BKR dan Ibu Keluarga Sasaran Kelompok BKR dalam wilayah Kecamatan Blang Mangat Tahun 2017. Kegiatan ini dimulai Pukul 10.00 s/d 11.30 WIB yang diikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari unsur Pemerintahan Gampong dan Kader BKR Gampong Jambo Timu dan Gampong Kuala Kecamatan Blang Mangat dengan Tema “Bersama Kita Ciptakan Lingkungan Keluarga Yang Bersih dan Terbebas Dari Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba”.

Kepala BNN Kota Lhokseumawe AKBP. Fakhrurrozi, S.H melalui Penyuluh Narkoba Muhammad Ardabili, SKM menyampaikan bahwa Indonesia dalam Darurat Narkoba dikaitkan dengan luas wilayah, jumlah penduduk serta modus operandi yang dilancarkan oleh para sindikat narkoba. Disampaikan juga tentang berbagai jenis narkoba dan bahayanya terhadap kesehatan tubuh seseorang seperti merusak organ tubuh, menyebabkan kebodohan, munculnya kriminalitas, gangguan kejiwaan serta dapat berakibat kematian.

Kepada peserta juga dijelaskan fenomena seseorang yang telah menjadi penyalahguna narkoba, misalnya mata yang memerah, sempoyongan saat berjalan, kebersihan pribadi yang jelek, ditemukan bekas sayatan pada anggota tubuhnya serta sering agresif dan marah-marah dalam bergaul. Oleh karena itu Kepala BNN Kota Lhokseumawe berharap agar para peserta yang umumnya Ibu Rumah Tangga (IRT) mampu membekali dirinya dengan pengatahuan dan melindungi anggota keluarganya dari pengaruh narkoba serta berkenan menjadi relawan/ penggiat anti narkoba sehingga secara sinergis bersama dengan Lembaga Negara lainnya dapat menurunkan angka prevalensi penyalahguna narkoba.

Diisampaikan juga upaya yang harus dilakukan oleh setiap keluarga dalam hal membentengi anggota keluarga yang salah satunya dengan menerapkan “Program 1821”, yang mana pada pukul 6 sore hingga 9 malam seluruh anggota keluarga berkumpul melaksanakan ibadah sholat magrib dan makan malam bersama sembari bercengkrama satu sama lainnya. Mengakhiri paparan materi, Kepala BNN Kota Lhokseumawe berharap agar segera melapor ke IPWL terdekat bagi keluarga yang menemukan penyalahguna narkoba untuk mendapatkan layanan rehabilitasi medis dan sosial.

#stopnarkoba

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top