BNNP Aceh Sosialisasi Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual dan Aplikasi SAIBA

0
709
Sosialisasi Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual dan Bimtek Aplikasi SAIBA untuk Satker BNN Kab/Kota. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh para aplikator SAIBA dan SIMAK BMN yang berlangsung di aula kantor BNNP Aceh, Senin (16/3/2015)

BNNP Aceh – Dalam rangka penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP) Berbasis Akrual sebagai amanahkan oleh UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Keuangan Negara.

BNN Provinsi Aceh sebagai Satuan Kerja Tingkat Wilayah mengadakan Sosialisasi Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual dan Bimtek Aplikasi SAIBA untuk Satker BNN Kab/Kota. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh para aplikator SAIBA dan SIMAK BMN yang berlangsung di aula kantor BNNP Aceh, Senin (16/3/2015)

Kepala BNN Provinsi Aceh, Drs. Armensyah Thay mengharapkan agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh keseriusan, mengingat penerapan akuntansi berbasis akrual sudah harus dilaksanakan pada tahun anggaran 2015.

Para aplikator juga dihimbau agar meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan keuangan pemerintah berbasis akrual, agar dalam pelaksanaan penyusunan laporan keuangan Satker hasilnya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik, akurat dan terperinci sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh menteri keuangan.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen BNN untuk menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasis akrual pada tahun 2015. Hal ini dikatakan Kepala BNNP Aceh dalam sambutan yang dibacakan Kepala Tata Usaha BNNP Aceh, Drs. M. Yusuf D ketika membuka Sosialisasi Implementasi Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual dan Aplikasi SAIBA bagi BNN Kab/Kota Se-Aceh.

Sosialisasi ini akan dipandu oleh Tim Akuntansi Wilayah BNNP Aceh, yang sebelumnya sudah mengikuti Diklat dan Bimbingan Teknis Implementasi Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual dan Aplikasi SAIBA, yang diadakan oleh Balai Diklat BNN dan Biro Keuangan Sestama BNN, di Lido, Bogor.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari dibagi dalam dua sesi. Untuk sesi pertama, materi disampaikan oleh Sumadi Arsyah. Yaitu pemaparan tentang Gambaran Umum Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual, Dasar Hukum Pelaksanaan dan Perbedaan antara Basis CTA dengan Basis Akrual.

Untuk sesi kedua, materi disampaikan oleh Maili Safitri. Yaitu pemaparan tentang SAPP, Jurnal Akuntansi Pemerintah Pusat, Simulasi Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual pada Satuan Kerja, dan cara pengimputan data dalam aplikasi SAIBA.

Peserta terdiri dari Satker BNN Kota Langsa, BNN Kota Lhokseumawe, BNN Kabupaten Bireuen, BNN Kabupaten Aceh Selatan, BNN Kabupaten Gayo Lues, BNN Kabupaten Pidie Jaya, dan Satker BNNP Aceh.(*)

Kontributor: Syahrul/SAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.