Brigjen Pol. Faisal AN. Kearifan Lokal merupakan Benteng dari Pengaruh Penyalalahgunaan Narkoba

0
265

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh Brigjen Pol. Drs. Faisal Abdul Naser, MH menjadi pembina Upacara Senin di SMA Negeri 3 Kota Banda Aceh.

Dikesempatan tersebut, Faisal AN meminta kepada siswa/i sebagai generasi penerus bangsa agar serius untuk menjauhi narkoba. “Narkoba ini harus kita basmi, harus kita jauhi. Mari bersama-sama kita perangi narkoba ini”.Hal tersebut disampaikannya kepada siswa/i SMA Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah lebih 600 siswa saat menjadi Pembina upacara Senin, (21/01/2019).
Pada upacara tersebut, ada juga janji siswa yang dibacakan oleh siswa peserta Upacara yang dikomandoi oleh seorang siswa.

“Ada janji yang diucapkan, buktikan bahwa kalian bisa,” ujar Kepala BNNP Aceh, Brigjen Pol. Faisal AN yang didampingi Plt. Kabid P2M BNNP Aceh Ismardi, SE, MA., Penyuluh Narkoba Ahli Madya Nurdaidah, S.Pd, dan beberapa staf BNNP Aceh.

Faisal berharap, janji yang dibacakan tersebut bisa dilaksanakan oleh siswa/i SMA Negeri 3 Kota Banda Aceh, agar mereka terhindar dari permasalahan narkoba, mengingat dampak yang ditimbulkan bagitu besar.    “Permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba saat ini bukan hanya masalah lokal saja, namun sudah menjadi masalah Internasional” ungkapnya.

Ia melanjutkan, dampak narkoba itu begitu besar dan telah terbukti merusak masa depan bangsa, merusak karakter manusia, merusak fisik dan merusak kesehatan, jelasnya.Kemudian, Faisal juga menjelaskan mengenai program Quick Win P4GN BNNP Aceh yang salah satunya adalah saweu sikula, dimana dengan sosialisasi bahaya narkoba kepada adik-adik pelajar yang diberikan, merupakan bahagian dari program kearifan lokal Kepala BNNP Aceh, yang masuk ke sekolah-sekolah. Dengan memanfaatkan kearifan lokal yaitu fungsi agama, budaya, dan sejarah.”Kearifan Lokal inilah yang menjadi Benteng dari pengaruh penyalalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkoba” tegasnya.

Lanjutnya lagi, ia mengatakan bahwa sosialisasi bahaya narkoba melalui Upacara Hari Senin ke SMA Negeri 3 Kota Banda Aceh ini, juga merupakan wujud Implementasi Instruksi Presiden (Inpres) No. 6, 2018 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN, yang salah satunya di lingkungan pendidikan.

“Ini Komitmen kita dalam melaksanakan Inpres No 6 tersebut” kata Faisal.

Kemudian kepada Kepala sekolah, Brigjen Pol. Faisal AN, juga mengatakan bahwa Kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba melalui Pembina Upacara Senin seperti pada hari ini, dilakukan pada dua sekolah sekaligus, selain sekolah SMA Negeri 3 Kota Banda Aceh ada juga di SMA Negeri 10 Fajar Harapan Kota Banda Aceh. Dimana di SMA Negeri 3 dilakukan oleh langsung Kepala BNNP Aceh dan Tim, serta di SMA Negeri 10 oleh Kasi Pencegahan BNNP Aceh Masduki, SH dan Tim.“Hari ini kita bagi 2 tim dan Kita akan rutinkan Kegaitan Sosialisasi Bahaya Narkoba melalui Pembina Upacara Senin seperti ini di sekolah sekolah, begitu juga di BNNK jajaran” ungkapnya.

Sementara, Kepala SMA Negeri 3 Kota Banda Aceh Aceh, Syarwan Joni, S.Pd, M.Pd, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Kepala BNNP Aceh beserta tim yang sudah menyempatkan diri untuk berkunjung ke SMA Negeri 3 Kota Banda Aceh dalam rangka sosialisasi bahaya narkoba malalui Pembina Upacara Senin.

Ia juga mengharapkan agar program-program sosialisasi anti narkoba dari BNNP Aceh ini mampu menangkal penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan sekolah. Serta ia berharap agar dapat terus dilakukan.“Kami berharap, sosialisasi di SMA Negeri 3 ini dapat diteruskan tidak hanya hari ini saja” ujar Syarwan Joni.

#stopnarkoba
#acehstopnarkoba
#humasbnnpaceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.