Berita

Budi Waseso: “Pecandu Harus Survive!”

BNNP ACEH – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Budi Waseso (Buwas), memulai babak baru penanganan pecandu Narkotika dengan konsep rehabilitasi berbasis alam. Hal ini disampaikan Buwas, disela-sela sesi wawancara dengan salah satu radio swasta di ruang kerjanya, Selasa (15/9).

Menurutnya, pecandu Narkotika harus mendapatkan penanganan khusus. Salah satunya adalah dengan melakukan rehabilitasi berbasis alam. Buwas berharap menempatkan para pecandu Narkotika di sebuah lokasi yang menyatu dengan alam dan aman bagi pecandu Narkotika. Di lokasi tersebut, para pecandu dengan didampingi konselor dan pelatih akan mencoba bertahan hidup di alam bebas. “Mereka harus bisa survive!”, imbuh Buwas.

Secara alami, alam akan mengajarkan kehidupan yang sesungguhnya bagi para pecandu. Dengan begitu, pecandu akan lebih memaknai kehidupan yang mereka miliki melalui perjuangan dan kerja keras sehingga tidak ada alasan bagi mereka untuk kembali masuk ke dalam lingkar hitam Narkoba.

Rehabilitasi berbasis alam diyakini merupakan langkah yang paling tepat saat ini. Buwas khawatir, mengobati pecandu Narkotika dengan rehabilitasi yang sudah ada saat ini belum memberi perubahan perilaku yang positif bagi pecandu Narkotika. Dengan mudahnya mereka memakai Narkoba lalu kecanduan kemudian menjalani rehabilitasi, dan seperti itu seterusnya. Namun, Buwas menekankan bahwa rehabilitasi itu penting. Hanya saja cara merehabilitasinya yang saat ini perlu pembaharuan.

Selain itu, bagi pecandu Narkotika yang juga terjerat proses hukum, rencananya akan dipisahkan dengan narapidana lainnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya “transformasi ilmu kejahatan” dari sekedar pecandu Narkoba menjadi bandar Narkoba hingga kejahatan lainnya, atau “meracuni” yang tadinya tidak pakai Narkoba untuk mencoba Narkoba.

Melalui konsep rehabilitasi yang baru ini, diharapkan para pecandu dapat pulih dari ketergantungannya terhadap Narkoba sehingga kembali berdaya guna di tengah-tengah masyarakat dan memiliki kesempatan yang sama dengan generasi muda lainnya untuk berprestasi dan menjadi generasi emas yang sehat tanpa Narkoba guna membangun bangsa dan negara.(Sumber: www.bnn.go.id)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top