Berita

Cegah Penyalahgunaan Narkoba Dimulai dari Rumah Tangga

LANGSA – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa AKBP Navri Yulenny, SH, MH menyatakan, pencegahan paling efektif dalam membentengi anak-anak dari penyalahgunaan Narkoba diawali dari lingkungan rumah. Dengan pendekatan khusus memberikan kasih sayang dan komunikasi yang efektif.

“Keluarga adalah wilayah pertama untuk membentengi anak dari pengaruh Narkoba,” ucap Navri pada kegiatan arisan rutin Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) PTPN 1 Langsa, Selasa (17/11).

Menurut Navri, alasan orang menggunakan Narkoba karena ketidaktahuannya, sudah tidak tepat lagi. Sebab, upaya yang dilakukan dengan poster atau selebaran dengan gambar yang menyeramkan tidak memberikan pengaruh yang besar dalam mencegah tidak menyalahgunakan Narkoba.

Sebab, berdasarkan kajian dari United Nation Officer Drugs and Crime (UNODC), ternyata ada faktor resiko lainnya yang menjadi penyebab menggunakan Narkoba. Beberapa faktor tersebut bermula dari keluarga seperti proses biologi, bawaan sejak lahir, perlakuan kasar/kejam dari keluarga, norma sosial yang kurang baik, proses tumbuh kembang di lingkungan marjinal/miskin, dan lainnya.

“Bangun hubungan yang harmonis antara anak dan orangtua, buat aturan dalam rumah, bangun komunikasi efektif, ikut terlibat aktif dalam berbagai kegiatan dirumah. Jika hal ini dilakukan secara displin maka anak-anak kita bisa terhindar dari pengaruh narkoba,” jelas Navri.

Ketua Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) PTP Kamila Wargani menyatakan, pihaknya sengaja pada kegiatan arisan ini mengundang BNN Kota Langsa untuk menjelaskan informasi yang dapat bermanfaat bagi para ibu-ibu untuk mencegah anak-anaknya dari pengaruh narkoba. Sebab, tidak dipungkiri selama ini beberapa ditemukan keluarga yang menjadi korban penyalahgunaan Narkoba.

Selain itu, Kamila juga menghimbau kepada para ibu-ibu PTPN 1 untuk menghilangkan budaya konsumtif. Sebab, prilaku tersebut juga bisa menjadi faktor yang membuat anggota keluarganya terkena penyalahgunaan Narkoba. (Tim BNNK Langsa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top