Dewan Masjid Indonesia Dukung Jihad BNN Perangi Narkoba

0
353
Kepala BNN DR. Anang Iskandar memberikan pengarahan P4GN kepada jajaran personel BNNP Aceh dan BNNK se-Aceh, dalam acara tersebut hadir Anggota DPR RI, Nasir Jamil, S.Ag

BNNP ACEH – Upaya penanggulangan narkoba merupakan salah satu jihad yang butuh dukungan semua pihak termasuk para tokoh agama. Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebagai salah satu organisasi nasional yang begerak dalam bidang pengembangan fungsi mesjid sebagai pusat ibadah dan pengembangan masyarakat turut terpanggil untuk ikut berkontribusi dan bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam rangka menyelesaikan masalah narkoba di negeri ini.

DR. H. Munawar Fuad Noeh, MA, Sekretaris DMI mengatakan pihaknya sangat mendukung penuh upaya BNN dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran narkoba yang sangat kompleks di negeri ini. Menurutnya, ulama bisa jadi garda terdepan dalam upaya pencegahan melalui dakwah atau ceramah kepada jamaahnya.

“Untuk akselerasinya, maka pelatihan untuk para Dai atau muballigh tentang materi anti narkoba perlu untuk segera dieksekusi. Rencananya ada sekitar 3.400 Dai dalam satu tahun yang tersebar di nusantara ini untuk dilatih agar mereka bisa menyampaikan khutbah bernuansa anti narkoba kepada para jamaah masjid”, ungkap Munawar usai mengadakan pertemuan dengan Kepala BNN di ruang kerja Kepala BNN, Senin (6/7).

Jika hal ini terealisir, Munawar sangat berharap agar seluruh Dai tersebut dapat menyampaikan secara rutin akan bahaya narkoba dan penanganan yang ideal terhadap penyalahgunanya, sehingga para Dai dapat membantu mengembalikan negeri ini menjadi negeri yang berakhlakul karimah.

Menanggapi kepedulian DMI terhadap masalah narkoba yang kian memprihatinkan ini Kepala BNN, DR Anang Iskandar memberikan apresiasi yang tinggi. Kepala BNN juga mengatakan pihaknya dengan senang hati akan memfasilitasi pelatihan terhadap Dai atau Mubaligh agar mereka mendapatkan pemahaman tentang konsep penanganan masalah narkoba.

“Dengan pemahamanan yang benar, mereka diharapkan dapat menyampaikan informasi tersebut dengan tepat pada masyarakat”, harap Kepala BNN.

Selain pelatihan, BNN dan DMI juga akan segera meluncurkan buku serial panduan khutbah jumat yang menyajikan topik-topik anti narkoba yang nantinya bisa digunakan oleh para khotib saat menyampaikan khutbah Salat Jumat.

Pilot Project Masjid Sebagai Pusat Anti Narkoba

Kepala BNN juga sangat antusias dengan usulan dari DMI tentang konsep Pilot Project Masjid sebagai Pusat Anti Narkoba. Menurutnya, Masjid memang potensial untuk dijadikan pusat aktivitas penanggulangan narkoba baik dalam ranah prevensi dan rehabilitasi.

“Bentuk kegiatannya bisa berupa layanan informasi dan juga konseling untuk para penyalah guna narkoba. Tentu saja konsep ini sejalan dengan program rehabilitasi rawat jalan, di mana para penyalah guna narkoba bisa mendapatkan konseling nantinya, dan itu akan sangat bagus sekali jika pusat konseling itu juga tersedia di setiap masjid”, pungkas Kepala BNN. [Sumber: BNN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.