Bagian Umum

Kunjungan Bapak Koordinator Staf Ahli BNN RI Komjen Pol (P) Drs. Ahwil Lutan, SH MBA MM & Bapak Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN RI Irjen Pol. Drs. Dunan Ismail Isja, MM di Aceh

Badan Narkotika Nasional Provinsi BNNP Aceh menerima kunjungan Bapak Koordinator Staf Ahli BNN RI, Komjen Pol (P) Drs. Ahwil Lutan, SH, MBA, MM yang merupakan mantan Irwasum POLRI, dan Bapak Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN RI, Irjen Pol. Drs. Dunan Ismail Isja, MM. Kunjungan ini dijemput langsung oleh Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol. Drs. Faisal Abdul Naser, MH bersama Pejabat Utama BNN Provinsi Aceh yaitu Kabag Umum Drs. Agussalim, Kabid Pemberantasan Amanto, SH MH, Kabid P2M Ismardi SE MA, serta para Kasi BNNP Aceh di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang Aceh Besar, Selasa malam, (30/10), yang kemudian selepas dari bandara dilanjutkan dengan makan malam bersama.

Selanjutnya Rabu, (31/10). Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN RI melalui Direktorat Peran Serta Masyarakat bersama BNNP Aceh menggelar 2 kegaitan sekaligus yang dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 31/10 s/d 01/11 yang berlangsung di The Pade Hotel Banda Aceh.

Kegiatan tersebut, yang pertama adalah Kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba Bidang P4GN di Lingkungan Pendidikan Formal, Dimana peserta pada kegiatan ini yaitu Beberapa Pimpinan Universitas dan Kepala Sekolah serta 5 orang Mahasiswa yang berjumlah 40 orang.

Kemudian kegiatan yang kedua adalah Kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba Bidang P4GN di Lingkungan Pendidikan Informal, dimana peserta dalam kegiatan tersebut adalah Para Pimpinan Dayah/Pasantren di Aceh yang berjumlah 40 orang.

Komjen Pol (P). Drs. Ahwil Lutan, SH MBA MM yang bertindak sebagai pemateri pada kegiatan Bimtek Penggiat Anti Narkoba Bidang P4GN di Lingkungan Pendidikan, menjelaskan mengenai kondisi darurat narkoba di Indonesia secara jelas. Mantan Kepala BNN RI ini juga menjelaskan bahwa setiap elemen bangsa dan masyarakat harus terlibat dalam menekan Suplay and Demand di masyarakat. Karena hal tersebut merupakan tanggungjawab seluruh komponen bangsa dan seluruh masyarakat.

“Presiden sudah mengatakan Indonesia Darurat Narkoba, dan kepada Bandar dan Pengedar, Presiden juga mengatakan apabila UU memperbolehkan Dor Mereka” katanya.

Ia melanjutkan, kita semua harus turut mengambil bagian dalam upaya meningkatkan imun masyarakat dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sehingga Suplay and Demand dapat ditekan.

“Peran Masyarakat sangat-sangat dibutuhkan dalam upaya ini, sehingga masyarakat tidak lagi membutuhkan narkoba” ungkap Komjen Pol Purnawirawan tersebut.

Sementara, Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Drs Faisal Abdul Naser, M.H yang membuka acara Kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba Bidang P4GN di Lingkungan Pendidikan Formal di Aceh tersebut dalam sambutannya mengatakan lingkungan pendidikan merupakan mitra strategis dalam penanganan permasalahan narkoba dimana lingkungan pendidikan berperan dalam membentuk sikap, pengetahuan dan keterampilan.

“Maka diharapkan lingkungan pendidikan dapat mengimplementasikan program P4GN secara mandiri dan berkesinambungan” jelas Brigjen Faisal.

Diwaktu yang sama, Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN RI Irjen Pol. Drs. Dunan Ismail Isja MM membuka Kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba Bidang P4GN di Lingkungan Pendidikan Informal di Aceh. Irjen Pol. Dunan dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba Meri kejahatan luar biasa (akstraordinary crime) yang mengancam dunia dan bisa digunakan sebagai salah satu senjata dalam proxy war untuk melumpuhkan kekuatan bangsa karena kejahatan narkoba dilakukan secara terorganisir, luas dan rahasia.

“Kejahatan ini, harus ditangani secara intensif melalui dukungan dan para aktif dari seluruh komponen masyarakat” pungkasnya.

Silaturahmi ke Mapolda Aceh

Setelah kegaitan Direktorat Peran Serta Masyarakat Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN RI, di The Pade Hotel. Ketua Koordinator Tenaga Ahli BNN RI, Komjen Pol (P). Drs. Ahwil Lutan, bersama Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN RI Irjen Pol. Drs. Dunan yang didampingi oleh Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol. Drs. Faisal AN bersilaturahmi ke Mapolda Aceh. Dimana kunjungan ini disambut langsung oleh Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Rio S Djambak bersama Wakapolda Aceh Brigjen Pol. Drs. Yanto Thara beserta pejabat utama Polda Aceh dan lainnya. Dalam silaturahmi tersebut dihadapan Kapolda, Wakapolda dan pejabat Polda Aceh, Komjen Pol (P). Drs. Ahwil Lutan mensosialisasikan Inpres No 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN dan Prekursor Narkotika.

“Inpres ini ditujukan kepada para menteri kabinet kerja, pimpinan lembaga termasuk juga TNI dan POLRI” ungkap Dosen Universitas Pancasila tersebut.

Temu Ramah dengan Pejabat dan Pegawai/Staf BNNP Aceh

Selepas dari Mapolda Aceh, Bapak Ahwil Lutan dan Bapak Dunan Ismail Isja meluangkan waktu untuk berkunjungan ke Kantor BNNP Aceh dalam rangka temu ramah dengan para pejabat dan staf BNNP Aceh. Sesampainya di Kantor BNNP Aceh, berombongan disambut oleh Para Pejabat Utama BNNP Aceh beserta Para Kasi dan Kasubbag beserta staf BNN Provinsi Aceh.

Dalam kesempatan tersebut Mantan Duta Besar RI LBPP untuk Mexico merangkap Panama, Honduras dan Costa Rica ini memberikan motivasi dan semangat kepada Pegawai dan Staf BNNP Aceh untuk serius dan bersama-sama mensukseskan Program Alternatif Development yang sudah di rancang dan telah dilaksanakan tanaman perdananya pada akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 yang lalu.

Dia melanjutkan dalam melaksanakan tugas di BNN harus semangat dan kerja sama dalam tim. Keberhasilan dalam melaksanakan tugas akan lebih mudah dilaksanakan dengan kerja tim.

“Saya berharap BNN bisa setara dengan DEA milik Amerika Serikat” ungkap Komjen Ahwil.

Kemudian Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN Irjen Pol. Drs. Dunan Ismail Isja, MM dalam temu ramah tersebut menegaskan agar Inpres no 6 Tahun 2018 agar terus disosialisasikan.

“Inpres no 6 Tahun 2018 itu adalah tenaga baru untuk kita, maka kita harus terus mensosialisasikan Inpres tersebut ke Pemerintah Daerah” ungkapnya.

Irjen Pol. Dunan melanjutkan semua potensi yang ada harus kita manfaatkan dengan maksimal serta dengan kerja sama atau kerja tim.

“Mohon dibudayakan BNNRI yaitu (Berani Nasionalisme Netralitas Responsif Inovatif) untuk memotivasi semangat kerja kita” jelas Irjen Pol. Dunan.

Dikesempatan ini, Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol. Faisal AN mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Ahwil Lutan dan Bapak Dunan yang telah meluangkan waktunya untuk mau berkunjung dalam rangka temu ramah dengan seluruh personil BNNP Aceh walaupun hanya sebentar.

Berkunjung ke Wisata Edukasi Tsunami Aceh

Selanjutnya Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Faisal AN, bersama Kabag Umum Agussalim dan Kasi Rehabilitasi dr. Deny mendampingi Bapak Ahwil Lutan dan Bapak Dunan dalam kunjungan ke Wisata Edukasi Tsunami Aceh PLTD Apung di Punge Blang Cut, Banda Aceh.

Bertolak kembali ke Jakarta

Selepas kunjungan wisata tersebut, rombongan bergerak menuju Bandara Sultan Iskandar Muda dalam rangka mengantar Bapak Komjen Pol (P) Ahwil dan Bapak Irjen Pol. Dunan untuk bertolak kembali ke Jakarta.

#stopnarkoba
#acehstopnarkoba
#humasbnnpaceh

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top